Contoh Cerpen Tentang Hutan "Lindungi Hutan Kita" Download Doc

Contoh Cerpen Tentang Hutan "Lindungi Hutan Kita" - Hutan merupakan paru-paru bumi, di dalam hutan terdapat berbagai macam kehidupan. Karena fungsinya sebagai paru-paru bumi maka dari itu kelestarian hutan harus kita jaga.


Rusaknya hutan akan mengakibatkan kerusakan bagi lingkungan hidup dan juga keseimbangan populasi di dalamnya. Seperti hewan dan tumbuhan.

Rusaknya hutan akan mengakibatkan berbagai macam bencana alam seperti longsor, banjir dan lain sebagainya.

Untuk itu, sangat penting pendidikan tentang melestarikan hutan sejak usia dini. Salah satu cara untuk mengenalkan kepada anak didik tentang pentingnya hutan bagi kehidupan bisa dimulai dari dengan membuat cerita pendek atau biasa disebut dengan cerpen.

Salah satu contoh cerpen tentang hutan bisa kamu lihat pada teks di bawah ini, semoga bisa menjadi inspirasi. Cerpen ini karya ada anak sekolah SMP, entah mencari referensi dari buku atau sumber lainnya saya tidak tahu.

Tetapi saya sudah cek di google tidak ada kesamaan teks cerpen ini dengan hasil pencarian apapun. Jika ini karya kamu hubungi Admin. Berikut ini contoh cerpennya :

Contoh Cerpen Tentang Hutan "Lindungi Hutan Kita" Download Doc

“LINDUNGI HUTAN KITA”

Tiba-tiba saja aku terbangun, kulihat jam dinding ternyata sudah pukul lima pagi. Aku cepat –cepat bangun. Ketika melewati ruang tamu, aku melihat dua orang teman kakakku. Aku menghampiri mereka sambil membawa dua cangkir teh dan kue-kue.

“Selamat pagi, Kak Agel dan kak Rico,” kataku menyapa mereka. “Selamat pagi, Hanna,” kata mereka hampir bersamaan. Kami terus mengobrol sambil menunggu kakakku Dicky bersiap-siap. Ternyata mereka bersama akan berdemo ke Departemen Kehutanan. Mereka akan berunjuk rasa tentang pembakaran hutan.

Aku melihat Kak Wina membawa beberapa gulungan karton. Aku bertanya kepadanya, “untuk apa karton itu, kak?”

“Karton ini akan digunakan untuk unjuk rasa nanti. Karton ini bertuliskan keinginan kami dan beberapa himbauan kepada pemerintah,” Kak Wina menjelaskan. “Kak aku ikut ya?” aku meminta kepada kakakku.

“Jangan Hanna, kamu masih SMP, lagipula kita kesana bukan untuk main-main. Kami akan berdemo di tengah-tengah lapangan. Kalau siang hari pasti sangat panas,” kata kakakku menjelaskan.

Esok harinya aku pulang dari sekolah dengan tergesa-gesa. Aku ingin segera bertemu dengan kakakku. Ketika pulang aku melihat Kak Wina, Kak Fandy dan Kakakku sedang duduk di teras rumah. “Kak, bagaimana demonya kemarin?” tanyaku.

“Oh, kemarin ramai sekali, kami mengadakan pertunjukan yang menggambarkan berapa pentingnya hutan bagi manusia. Kalau saja kamu lihat kakakmu berbicara di depan teman-teman kami, kamu pasti kagum,” kata Kak Fandy.

“Lalu, langkah apa saja yang akan diambil oleh kakak-kakak untuk mencegah semakin banyaknya pembakaran hutan?” tanyaku.

“Kami akan mengadakan acara seminar tentang pembakaran hutan. Kemudian mengadakan penyuluhan kepada masyarakat di sekitar hutan agar tidak membakar pepohonan. Hal itu dapat merugikan orang banyak,” kata kakakku menjelaskan secara panjang lebar.

By : Amalia Aisaturadia

Itu tadi cerpen singkat tentang hutan yang bertema "Lindungi Hutan Kita". Cerpen ini bisa kamu gunakan sebagai cerpen di mading sekolah.

Soft file dalam bentuk doc atau word bisa kamu download pada link di bawah. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Tag : contoh cerpen, cerpen tentang hutan, cerpen singkat, cerpen tentang kehutanan.

0 Response to "Contoh Cerpen Tentang Hutan "Lindungi Hutan Kita" Download Doc"

Post a Comment